Kamis, 08 September 2011

Draft laporan penelitian Biologi part 1

LAPORAN PENELITIAN BIOLOGI
“BAGAIMANA CARA MENGINDARI KERACUNAN MAKANAN”






OLEH NICHOLAS GERRY.S
XC/28

Jumat, 26 Agustus 2011
1
KATA PENGANTAR


Dengan mengucapkan puji syukur atas berkat Allah yang Mahakuasa, atas segala bimbingan-Nya, akhirnya Laporan penelitian berjudul “Bagaimana Cara Menghindari Keracunan Makanan” dapat diselesaikan di waktu yang tepat.
Penulisan Laporan ini bertujuan untuk membantu kita semua agar terhindar dari kasus keracunan makanan yang marak terjadi di berbagai daerah.
Dalam penulisan laporan ini berbagai hamabatan telah saya alami. Dari koneksi internet yang lambat sampai mati listrik. Namun berkat dukungan Tuhan dan orang-orang di sekitar saya, saya tidak menyerah untuk menyusun laporan ini agar kasus keracunan makanan yang marak terjadi khususnya di Negara kita dapat berkurang atau tidak ada lagi.
Dalam penyusunan laporan ini, saya menyadari pengetahuan dan pengalaman saya yang masih sangat terbatas. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak sehingga cara mencegah keracunan makanan ini menjadi lebih berkembang.
Akhir kata saya ucapkan, semoga Tuhan selalu memberkati anda sekalian dimanapun anda berada.




                    
Cikarang,26 Agustus 2011
                                                Nicholas Gerry
 2
DAFTAR ISI























3


PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG
          Kasus keracunan makanan sedang marak terjadi di seluruh dunia, terutama di Negara kita, Indonesia. Sudah banyak yang menjadi korban. Banyak juga yang meninggal dunia, jadi kasus keracunan makanan ini tidak bisa dianggap sebagai hal yang sepele. Karena itu, kita harus tahu cara menanggulanginya sebelum terlambat.

RUMUSAN MASALAH
          Setiap penyakit pasti memiliki obat, begitu juga kasus keracunan makanan. Dalam laporan penelitian ini, kita akan belajar mengenai faktor lain yang dapat menanggulangi keracunan makanan selain obat.

TUJUAN PENELITIAN
          Tujuan dari penelitian ini adalah mengikis angaka kasus keracunan makanan yang terjadi. Sehingga dapat meningkatkan kualitas kehidupan penduduk di seluruh dunia

MANFAAT HASIL PENELITIAN
          Manfaat dari penelitian ini adalah kita menjadi tahu cara menghindari keracunan makanan sehingga kita tetap sehat dan dapat pula menaikan angka kualitas hidup masyarakat Indonesia lewat sosialisasi.









 4
DASAR TEORI

TINJAUAN PUSTAKA
Pada sebagian besar kasus keracunan makanan, gejala yang timbul hampir mirip dengan flu perut/flu usus. Gejala tersebut dapat berlangsung mulai dari hitungan jam hingga hari, berikut gejala terjadinya keracunan makanan yang medicastore ambil dari digestive.niddk.nih.gov :
  • Kram perut
  • Mual
  • Muntah
  • Diare, kadang bercampur dengan darah
  • Demam
  • Dehidrasi
Biasanya kasus keracunan makanan tidak terlalu berat & dapat sembuh dalam waktu 24-48 jam. Tetapi dapat juga terjadi kasus keracunan makanan hingga menyebabkan kematian.

HIPOTESIS
          Mungkin aktifitas bakteri, virus, dan bahan kimia beracun yang menyebabkan kejadian keracunan makanan ini.








5
METODOLOGI PENELITIAN


ALAT DAN BAHAN
1.    Makanan
2.    Mikroskop elektronik

VARIABEL
1. Variabel bebas         : - Makanan
2. Variabel terikat        : - Bakteri, virus, zat kimia yang terdapat dalam makanan
3. Variabel control       : - Mikroskop elektronik

LANGKAH KERJA
1.    Siapkan mikroskop elektronik, taruh makanan yang ingin diidentifikasi pada meja objek di mikroskop.
2.    Amati bakteri, irus, dan zat kimia apa saja yang terdapat pada makanan lewat mikroskop cahaya
3.    Cocokan bakteri, virus, dan zat kimia yang ditunjukan mikroskop dengan catatan tentang bakteri, virus, dan zat kimia anda.












6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar